Prabowo Subianto

HomeBeritaTiga Warga Negara Indonesia Tetap Berada di Gaza

Tiga Warga Negara Indonesia Tetap Berada di Gaza

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, bersama Presiden RI, Joko Widodo dalam perjalanan ke Amerika Serikat.

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa hingga saat ini, ada tiga warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Gaza.

Ketiga WNI tersebut merupakan relawan di Rumah Sakit Indonesia, yaitu Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi. Meskipun tujuh WNI lainnya telah dievakuasi dari Gaza, mereka masih memutuskan untuk tetap melanjutkan pekerjaan kemanusiaan mereka di sana.

“Dengan kondisi ini, mereka bertiga memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza,” kata Retno melalui pernyataan video yang dikirimnya dari dalam pesawat kepresidenan ketika mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Washington DC, AS, pada Ahad (12/11/2023).

Retno memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri terus berkomunikasi dengan ketiga WNI tersebut, serta dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik.

Pada 3 November, Menlu Retno mengumumkan bahwa empat WNI dari Gaza telah berhasil dievakuasi. Keluarga Abdillah Onim, ketiga anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang merupakan warga Palestina, berhasil keluar dari Gaza melalui pintu Rafah yang berbatasan darat dengan Mesir.

Sementara tiga WNI lainnya, yaitu Muhammad Husein, kedua anaknya, serta istrinya yang merupakan warga Palestina, juga telah dievakuasi dari Gaza melalui perbatasan Rafah. Setelah keluar dari Gaza pada Ahad waktu setempat, Husein dan keluarganya dibawa ke Kairo untuk selanjutnya dipulangkan ke Indonesia.

Sumber: Antara (https://internasional.republika.co.id/berita/s40oyb366/tiga-wni-masih-bertahan-di-gaza)