Prabowo Subianto

HomeBeritaRS Indonesia di Gaza Diserang oleh Pasukan Penembak Israel

RS Indonesia di Gaza Diserang oleh Pasukan Penembak Israel

Pasukan Israel telah menempatkan penembak jitu di setiap penjuru Rumah Sakit (RS) Indonesia yang berada di Bait Lahiya, Jalur Gaza. Setidaknya 12 orang yang berada di RS tersebut telah terbunuh akibat tindakan tembakan anggota militer Israel.

Menurut Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad, kondisinya sangat mencekam. Israel telah menempatkan penembak jitu di sekitar RS Indonesia. Pada Senin, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan bahwa setidaknya 12 orang telah tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat penembakan pasukan Israel ke RS Indonesia. Mereka juga memperingatkan bahwa ribuan pasien, tenaga medis, dan pengungsi di RS Indonesia berada dalam risiko kematian karena serangan udara yang dilancarkan oleh Israel.

Sarbini Abdul Murad tidak dapat memberikan angka presisi tentang jumlah pasien, tenaga medis, dan pengungsi yang berada di RS Indonesia, namun dia mengkonfirmasi bahwa ada ribuan orang yang berada di sana. Menurutnya, sejak tanggal 10 Oktober 2023, Israel telah memerintahkan agar seluruh warga dan tenaga kesehatan di Gaza Utara segera meninggalkan wilayah tersebut. Hal ini menyebabkan RS Indonesia juga sulit dievakuasi karena kondisi yang sangat rawan.

Sumber:
Republika