Prabowo Subianto

HomeprabowoPrabowo Subianto Memberikan Donasi Rp 5 Miliar untuk Masyarakat Kamoro di Mimika

Prabowo Subianto Memberikan Donasi Rp 5 Miliar untuk Masyarakat Kamoro di Mimika

Jakarta – Mimika, 10 November 2023 – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, menunjukkan dukungan yang nyata kepada masyarakat suku Kamoro di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah dengan menyumbangkan dana sebesar Rp. 5 miliar. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Prabowo kepada perwakilan masyarakat suku Kamoro saat meresmikan Rumah Sakit Tk IV Timika Kesdam XVII Cenderawasih.

Prabowo menekankan bahwa kontribusi masyarakat Kamoro sangat berarti bagi pemerintah, khususnya dalam pembangunan di Kabupaten Mimika, termasuk penghibahan lahan untuk pembangunan rumah sakit tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Pusat menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kamoro dan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Mimika,” ujar Prabowo.

Selain sumbangan uang tunai, Menhan Prabowo juga menyerahkan bantuan berupa 79 unit sepeda motor untuk Babinsa di Kabupaten Mimika, sebagai bagian dari program nasional yang menyediakan 1.270 sepeda motor bagi Babinsa di seluruh Indonesia.

“Motor-motor yang dibagikan ini sebagian merupakan motor bahan bakar minyak dan beberapa motor listrik buatan anak bangsa,” ungkap Prabowo.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo juga meresmikan Rumah Sakit Tk IV Kasdam Cenderawasih di Timika, yang tidak hanya diperuntukkan bagi prajurit TNI, tetapi juga untuk masyarakat Kabupaten Mimika dan sekitarnya.

“TNI adalah tentara milik rakyat, sehingga fasilitas TNI seperti rumah sakit juga harus digunakan oleh rakyat,” tambah Menhan Prabowo.

Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat suku Kamoro yang telah memberikan hak ulayat tanah untuk pembangunan rumah sakit tersebut.

“Kesetiaan masyarakat suku Kamoro kepada NKRI terbukti tidak hanya di mulut, namun juga di hati,” tuturnya.

Inisiatif ini menandakan komitmen pemerintah dalam menghargai dan mendukung masyarakat lokal, sekaligus memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat di Papua. (SENOPATI)