Prabowo Subianto

PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN – prabowosubianto.com

Oleh: Prabowo Subianto Para pembaca yang terhormat, Jika kita mempelajari sejarah bangsa-bangsa, kita dapat belajar bahwa tidak ada perubahan signifikan yang pernah terjadi tanpa didorong...
HomeBeritaPerdana Menteri Swedia Diolok-Olok Karena Mengekspresikan Dukungan Terhadap Israel Selama Konflik di...

Perdana Menteri Swedia Diolok-Olok Karena Mengekspresikan Dukungan Terhadap Israel Selama Konflik di Gaza

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, dicemooh setelah ia mengatakan Israel berhak melakukan genosida dalam pidatonya. Kristersson berbicara kepada audiens di Gothenburg pada hari Selasa (21/11/2023) ketika ia membahas sikap Swedia terhadap perang di Gaza.

Dalam video yang beredar luas di TikTok, terlihat Kristersson mengatakan Israel berhak melakukan genosida sebelum mengoreksi dirinya dengan mengatakan hak untuk membela diri. “Swedia dan Uni Eropa bersatu dalam hal bahwa Israel mempunyai hak untuk melakukan geno…pertahanan diri,” katanya.

Dalam video tersebut, tampak sejumlah audiens yang hadir menertawakan kesalahan Kristersson. Sementara penonton yang lain mulai berseru, “Apakah Israel berhak melakukan genosida?”.

Sebelumnya, sebanyak 24 duta besar dan kepala perwakilan negara anggota OKI yang berkedudukan di Stockholm bertemu dengan Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billström. Mereka datang untuk menyampaikan dukungan penuh terhadap Palestina serta kecaman atas tindakan agresi militer oleh Israel baik di Jalur Gaza maupun Tepi Barat.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kementerian Luar Negeri Swedia pada 9 November lalu, seluruh Duta Besar OKI yang hadir itu menyampaikan bahwa tindakan Israel merupakan pelanggaran norma, nilai, dan hukum HAM dan humaniter internasional. Selain itu, tidak konsisten dengan Piagam PBB maupun konvensi internasional yang selama ini menjadi rujukan seluruh negara anggota PBB.