Prabowo Subianto

HomeBeritaLiga Arab Satu Suara Tolak Perusahaan Israel

Liga Arab Satu Suara Tolak Perusahaan Israel

Liga Arab telah menyepakati untuk memboikot perusahaan yang berafiliasi dengan Israel. Keputusan ini diambil dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah konferensi ke-96 di Kairo, Mesir.

Delegasi Arab menegaskan bahwa anggotanya tidak akan melakukan investasi di permukiman Yahudi dan menuntut para pengusaha untuk menarik investasi dan menghentikan kerja sama dengan permukiman tersebut.

Konferensi ini dipimpin oleh Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab untuk Palestina, Saeed Abu Ali, yang menekankan pentingnya memperkuat kerja lembaga-lembaga boikot Arab. Boikot terhadap perusahaan yang terafiliasi dengan Israel telah dimulai sejak tanggal 3 Juli 2024.

Konferensi juga mendesak Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk mengikuti pembaruan tahunan daftar hitam perusahaan global dan Israel yang beroperasi di pemukiman ilegal di wilayah Arab yang diduduki, sejalan dengan resolusi Dewan 31/36 tahun 2016. Selain itu, konferensi juga mengutuk segala undang-undang atau keputusan yang mengkriminalisasi gerakan BDS, serta meminta FIFA dan IOC untuk melarang partisipasi Israel dalam acara olahraga karena tindakan penghancuran dan genosida di Jalur Gaza.

Sumber: Republika (https://news.republika.co.id/berita/sgc5z6423/liga-arab-kompak-boikot-perusahaan-proisrael)