Prabowo Subianto

HomeBeritaIncrease Humanitarian Aid to Gaza Strip, Victims of Israeli Zionist Aggression

Increase Humanitarian Aid to Gaza Strip, Victims of Israeli Zionist Aggression

LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron pada hari Jumat (24/11/2023), mengatakan, Inggris akan menggandakan bantuan kemanusiaannya ke Gaza dengan 37,8 juta dolar AS untuk warga sipil Palestina yang terkena dampak konflik antara Israel dan Hamas.

Cameron bertemu Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada Kamis dan merencanakan diskusi dengan pejabat Palestina pada hari Jumat, untuk pembicaraan tentang bagaimana upaya Inggris dapat membantu meringankan krisis kemanusiaan yang berkembang di Gaza.

“Saya dapat mengumumkan dana baru senilai 37,8 juta dolar AS yang akan dihabiskan untuk bantuan vital seperti tempat tinggal dan persediaan medis,” kata Cameron dalam sebuah pernyataan dilansir dari Arab News, Sabtu (25/11/2023).

“Sangat penting untuk melindungi warga sipil dari bahaya, dan kami segera mencari semua jalan untuk mendapatkan bantuan ke Gaza, termasuk rute darat, maritim, dan udara,” sambungnya.

London telah merilis dua tahap bantuan, 10 juta pound (Rp 196 miliar) dan 20 juta pound (Rp 391 miliar) bulan lalu.

Cameron juga akan membahas mendukung Otoritas Palestina, “termasuk melalui pelatihan dan pengembangan kapasitas” dan melihat ke arah solusi politik jangka panjang untuk krisis.

Pertemuannya datang setelah dimulainya gencatan senjata empat hari dalam perang Israel-Hamas, dengan sandera akan dibebaskan dengan imbalan tahanan dalam penangguhan hukuman besar pertama dalam tujuh minggu perang yang telah merenggut ribuan nyawa.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk membungkam senjata dan menghentikan pemboman mulai pukul 7:00 pagi (0500 GMT) dalam konflik yang meletus setelah serangan pembunuhan Hamas ke Israel pada 7 Oktober, yang menurut Israel menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang.

Serangan udara, artileri, dan angkatan laut Israel yang pembalasan di samping serangan darat telah menewaskan sekitar 15 ribu orang, menurut pemerintah Hamas di Gaza.

Sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata, 13 wanita dan anak-anak yang disandera di Gaza akan dibebaskan pada pukul 4:00 sore. (1400 GMT), diikuti oleh sejumlah tahanan Palestina dari penjara Israel, menurut mediator Qatar.

Selama empat hari, setidaknya 50 sandera diharapkan akan dibebaskan, dan sebagai gantinya, 150 tahanan Palestina diharapkan akan dibebaskan. Sumber: arabnews

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika