Prabowo Subianto

PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN – prabowosubianto.com

Oleh: Prabowo Subianto Para pembaca yang terhormat, Jika kita mempelajari sejarah bangsa-bangsa, kita dapat belajar bahwa tidak ada perubahan signifikan yang pernah terjadi tanpa didorong...
HomeBeritaHizbullah Meluncurkan Rudal Anti-Tank ke Israel

Hizbullah Meluncurkan Rudal Anti-Tank ke Israel

Pejabat pemerintah Israel mengklaim bahwa milisi Hizbullah di Lebanon telah menembakkan rudal anti-tank ke sebuah komunitas Israel di perbatasan. Israel menyatakan bahwa serangan itu melukai pekerja utilitas. Serangan dari Lebanon mengancam untuk memperburuk keadaan dalam perang terbaru di Timur Tengah.

Militer Israel menyatakan bahwa mereka menyerang sumber peluncuran dengan tembakan artileri. Perusahaan Listrik Israel melaporkan bahwa para pekerja di komunitas pedesaan Dovev terluka saat sedang memperbaiki saluran listrik yang rusak dalam serangan sebelumnya.

Pada hari Minggu (12/11/2023), media Israel melaporkan bahwa enam orang terluka, termasuk satu yang dalam kondisi kritis. Hizbullah mengatakan bahwa mereka meluncurkan peluru kendali terhadap “pasukan logistik milik tentara pendudukan yang akan memasang tiang transmisi dan alat penyadap dan mata-mata di dekat barak Dovev.”

Rudal tersebut juga menghantam sebuah bulldozer militer Israel dalam serangan terpisah. Tak lama setelah itu, sirene serangan udara terdengar di bagian utara Israel. Radio Angkatan Darat melaporkan bahwa sebuah rudal anti-tank lainnya ditembakkan dari Lebanon.

Serangan ini merupakan insiden paling serius yang melibatkan warga sipil sejak serangan udara Israel di Lebanon selatan pada 5 November yang lalu, yang menewaskan seorang wanita dan tiga anak.

Sejak perang Israel-Hamas dimulai lima minggu lalu dengan serangan mendadak Hamas ke Israel selatan, pasukan Israel dan Hizbullah, yang merupakan sekutu Hamas, bentrok di sepanjang perbatasan. Meskipun sebagian besar terkendali, bentrokan meningkat intensitasnya ketika Israel melakukan serangan darat ke Gaza.

Sebelumnya, militer melaporkan bahwa mereka menyerang sebuah sel militan di Lebanon yang berniat untuk melepaskan tembakan ke wilayah Israel. Pada Sabtu malam (11/11/2023), Israel mengatakan bahwa drone militernya menghantam sel milisi yang mencoba meluncurkan rudal anti-tank di Israel utara, dekat kota Metula. Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon selatan, UNIFIL, mengatakan bahwa salah satu pasukan penjaga perdamaian terluka oleh tembakan di dekat kota al-Qawza, Lebanon. Tidak jelas dari mana asal tembakan itu atau apakah pasukan penjaga perdamaian itu menjadi sasaran atau terjebak dalam baku tembak. UNIFIL mengatakan bahwa mereka sedang menyelidikinya.

Sumber: AP (https://internasional.republika.co.id/berita/s41fhs335/hizbullah-tembakkan-rudal-antitank-ke-israel)