Prabowo Subianto

HomeBeritaBanyak Kantor Kedutaan Korut di Luar Negeri yang Akan Ditutup

Banyak Kantor Kedutaan Korut di Luar Negeri yang Akan Ditutup

Pemerintah Korea Utara telah mengumumkan penutupan beberapa kedutaan besarnya termasuk di Spanyol, Hong Kong, dan beberapa negara di Afrika. Langkah ini diklaim akan mengakibatkan hampir 25 persen kantor perwakilan Korea Utara ditutup di seluruh dunia.

Penutupan misi diplomatik ini menunjukkan bahwa Korea Utara sedang menghadapi kesulitan dalam menghasilkan uang di luar negeri karena adanya sanksi internasional. Dilaporkan bahwa para duta besar Korea Utara telah melakukan kunjungan perpisahan kepada pemimpin Angola dan Uganda baru-baru ini. Media lokal di kedua negara Afrika tersebut juga melaporkan penutupan kedutaan besar Korea Utara.

Angola dan Uganda telah menjalin hubungan persahabatan dengan Korea Utara sejak tahun 1970-an dan mereka telah memberikan dukungan dalam hal kerja sama militer serta menyediakan sumber mata uang asing melalui proyek pembangunan.

Chad O’Carroll, pendiri situs web NK Pro yang fokus pada Korea Utara, menyebut penutupan kedutaan ini adalah perombakan kebijakan luar negeri terbesar Korea Utara dalam beberapa dekade. Hal ini berdampak pada keterlibatan diplomatik, kerja kemanusiaan di Korea Utara, dan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan ilegal.

Kementerian Unifikasi Seoul juga menyatakan bahwa penutupan kedutaan ini mencerminkan dampak sanksi internasional yang bertujuan untuk membatasi pendanaan program nuklir dan rudal Korea Utara. Langkah ini diperkirakan akan semakin memperburuk kondisi perekonomian Korea Utara.

Korea Utara memiliki hubungan formal dengan 159 negara, namun hanya memiliki 53 misi diplomatik di luar negeri termasuk tiga konsulat dan tiga kantor perwakilan. Selain kedutaan besar di Spanyol dan Italia, beberapa kedutaan besar Korea Utara di negara lain juga akan ditutup.

Pada tahun 2019, Kedutaan Besar Korea Utara di Madrid menjadi sorotan setelah kelompok yang berusaha menggulingkan pemimpin Korea Utara melakukan pembobolan. Insiden ini menyebabkan ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat karena Korea Utara menuduh AS tidak menyelidiki kelompok tersebut secara menyeluruh dan menolak mengekstradisi para pelaku.

Sumber: Republika (https://internasional.republika.co.id/berita/s3fwvy383/korut-akan-tutup-belasan-kantor-kedutaan-di-luar-negeri)